Momen 22 hingga 24 Januari merupakan hari yang ditunggu-tunggu bagi santri Ma’had Universal. Pasalnya, hari itu seluruh santri Ponpes Mahasiswa Universal Bandung telah melaksanakan kegiatan Latihan Kepemimpinan Dan Manajemen Santri (LKMS) periode 2015 yang diselenggarakan di kota Sukabumi. Dengan mengambil empat destinasi berbeda serta melibatkan hampir 150 peserta dan 4 Asatidz yang mengikuti kegiatan ini.

Acara yang mengambil tema “Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Upaya Terwujudnya Generasi Yang Sehat, Kuat Dan Maslahat” ini, ternyata memberikan dampak positif bagi para peserta. “Setelah kegiatan LKMS ini, diharapkan para santri mampu memaknai arti dari sebuah perjuangan dan semua santri mampu mempunyai kekuatan untuk mempertahankan dasar-dasar nilai sebuah kebudayaan islam yang kuat,” ujar Wandi, selaku Mankominfo Dewan Santri Ma’had Universal.

Kegiatan ini sukses membius para santri Ma’had Universal dengan menjadikannya semakin bertambah wawasan dan ilmu pengetahuan akan kemajuan pondok pesantren.

Di Pesantren Az-Zainiyah salah satunya, para santri mampu duduk bersila mendengarkan KH. Zezen ceramah hingga berjam-jam. Meski dalam keadaan lapar dan menahan suhu dingin di kawasan pesantren, namun santri tetap antusias menyimak materi ceramah hingga akhir.

suhu-dingin-ponpes-az-zainiyyah-santri-universal
Suhu dingin dan indahnya matahari terbit di ponpes Az-zainiyah sukabumi

Sebelumnya, di Pesantren YASPIDA (Yayasan Sosial dan Pendidikan Islam Darussyifa Al-Fitrat) para santri disuguhi dengan keindahan suasana dan bangunan pesantren yang indah. Jarak yang cukup jauh dari hiruk-pikuk perkotaan di tambah jalan yang sempit seolah rasa capek itu hilang sesampainya di YASPIDA.

Ketika di Pesantren Kaligrafi Alquran LEMKA, seluruh santri juga disuguhi dengan keindahan bangunan yang dipenuhi dengan kaligrafi berwarna-warni. Di tempat ini para santri diperkenalkan sejarah seni kaligrafi Alquran oleh Direktur LEMKA, bapak K.H. Didin Sirojudin AR, M.Ag.

Tak hanya itu, Pondok Pesantren Syamsul Ulum juga menambah koleksi keindahan catatan LKMS kali ini. Pesantren yang berada di jantung kota sukabumi ini menawarkan kekompakkan dan kesopanan yang hangat dari para santri Syamsul Ulum.

cinderamata untuk syamsul ulum dari santri universal
Pemberian Piagam Penghargaan oleh ketua Dewan Santri Ma’had Universal kepada Pimpinan Pondok Pesantren Syamsul Ulum.

Setelah melakukan kunjungan dan silaturahmi ke berbagai pesantren, para santri dimanjakan dengan suguhan indah pantai Pelabuhan Ratu yang terletak di selatan pulau jawa. Daerah yang dijuluki kawasan Ratu Nyi Roro Kidul ini, seketika menghilangkan rasa capek dengan keelokan pantai Pelabuhan Ratu. Ombak yang begitu besar tak membuat para santri kehilangan nyali bermain di bibir pantai.

Dengan usainya kegiatan LKMS tahun ini diharapkan agar LKMS di tahun berikutnya bisa lebih baik, lebih hebat dan lebih banyak lagi memberikan inspirasi. BISA! BISA! BISA! PASTI BISA, INSYA ALLAH!

[] Muallifi | Jur/2014

Total 0 Votes
0

Tell us how can we improve this post?

+ = Verify Human or Spambot ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *